Hasan Al Bashri Sang Ulama Salaf



Cara paling jelas yang Allah lakukan untuk menjaga sunnah adalah dengan mengutus ulama yang mau menghabiskan waktunya untuk mengkodefikasi (tadwin) hadits dan menjaganya. Para ulama adalah pemimpin dunia sebagaimana mereka juga adalah pemimpin akhirat. 

AL HASAN AL BASHRI

Adalah sosok yang wara', zuhud, tekun beribadah, dermawan, dan jauh dari gemerlap dunia, serta menjauhi syahwat dan menghalaunya jauh-jauh sehingga tidak kembali.

Namanya adalah Al Hasan bin Abi Al Hasan. Ayahnya adalah Yasar Al Bashri Abu Said, seorang budak dari Zaid bin Tsabit. Hasan Al Bashri lahir dua tahun sebelum khalifah Umar wafat karena pembunuhan.

Al Hasan adalah seseorang yang suka shalat berjamaah, banyak ilmu pengetahuan, terhormat, ahli fiqih, dapat dipercaya, pandai berdebat, ahli ibadah, perawakannya sempurna, fasih bicara, dan tampan mempesona. Dia juga orang yang pemberani.


Banyak sanjungan para ulama terhadap Hasan Al Bashri. Beliau disebutkan memiliki pendapat menyerupai Umar bin Khathab. Anas bin Malik bahkan berkata "Bertanyalah kepada Al Hasan, karena dia orang yang kuat hafalannya, sedang kami terkadang lupa." Al Hasan adalah seseorang yang dikenal mudah bersedih karena Allah.

No comments:

Post a Comment

Heterosis dan Potensi Peningkatan Produktifitas Agrikultur!

Pernah dengar istilah benih hibrida? Inilah heterosis, fenomena dibalik terciptanya benih hibrida! Heterosis merupakan fenomena di mana gene...

Yang Paling Sering Dibaca

Blog Archive